Sinergi Bersama, Plt Dirjen Pendis Silaturahmi ke Majelis Masyayikh

Plt Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kemenag RI Prof. Dr. Abu Rokhmad bersilaturahmi ke kantor Majelis Masyayikh

JAKARTA- Plt Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kemenag RI Prof. Dr. Abu Rokhmad bersilaturahmi ke kantor Majelis Masyayikh pada, Rabu (22/05/2024). Kehadiran Plt Dirjen Pendis diterima secara langsung oleh Tenaga Ahli serta jajaran Sekretariat Majelis Masyayikh. Kunjungan Plt Dirjen Pendis juga turut didampingi para Kasubdit di lingkungan Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren. 

Dalam sambutannya, Abu Rokhmad mengatakan, kedatangannya ke Kantor Majelis Masyayikh dalam rangka silaturahmi serta membangun sinergitas dan kerjasama dalam pelaksanaan tugas penjaminan mutu pendidikan Pesantren. Sebab menurut Abu, Majelis Masyayikh yang dibentuk atas amanat Undang-Undang Pesantren memiliki tugas yang erat kaitannya dengan Kemenag khususnya di lingkungan Direktorat PD Pontren pada Dirjen Pendidikan Islam.

“Kita datang kesini untuk terus menjalin sinergitas dan kerjasama yang erat, yang baik dalam pelaksanaan beberapa hal yang diamanatkan UU Pesantren, termasuk soal penjaminan mutu bersama Majelis Masyayikh,” kata Abu Rokhmad.

Menurut Abu, Ditjen Pendis sangat terbuka dan akan bahu membahu bersama Majelis Masyayikh dalam memajukan serta meningkatkan Pendidikan Pesantren. “Majelis Masyayikh membantu kita, kita juga ketika Majelis Masyayikh memerlukan sesuatu hal, kita bantu. Ini kerja kolektif bersama untuk santri, untuk para kiai juga tentu bagi Pesantren. Mudah-mudahan akan sangat bermanfaat,” jelas Plt. Dirjen Pendis

Abu mengatakan, peranan supporting system dari Majelis Masyayikh yakni Tenaga Ahli dan Sekretariat Majelis Masyayikh akan membantu akselerasi dan percepatan tugas penjaminan mutu Pendidikan Pesantren oleh Majelis Masyayikh yang merupakan hal baru dalam dunia Pesantren. Olehkarena itu, Abu mengatakan pentingnya sinergitas dan kolaborasi antara Kemenag dan Majelis Masyayikh demi tercapainya tujuan mutu Pendidikan Pesantren maju dan berkualitas.

Sementara itu, Tenaga Ahli Majelis Masyayikh Nafies Husnie mengucapkan terimakasih serta apresiasinya atas kunjungan Plt Dirjen Pendis Prof. Dr. Abu Rokhmad ke kantor Majelis Masyayikh. Nafies juga menyampaikan salam dari Ketua Majelis Masyayikh serta para Anggota Majelis Masyayikh.

Dalam forum silaturahmi tersebut, Nafies menyampaikan saat ini Majelis Masyayikh tengah menyusun dokumen lanjutan terkait sistem penjaminan mutu untuk Pendidikan Pesantren. Silaturahmi Bersama Plt Dirjen Pendis sendiri merupakan momentum yang tepat untuk terus mempererat sinergitas dan kerjasama pelaksanaan tugas-tugas sesuai amanat UU Pesantren bersama dengan Kemenag.

“Ini tentu merupakan hal yang sangat positif, sinergitas dan kerjasama ini diharapkan dapat menghasilkan output yang maksimal dan memberikan kemanfaatan bagi Pendidikan Pesantren,” ujar Nafies.

Selain itu, Nafies juga menjelaskan, terkait penjaminan mutu, Majelis Masyayikh telah menyerahkan dokumen standar mutu yang telah disusun kepada Biro Hukum dan Kerjasama Luar Negeri Kemenag RI untuk diproses dan ditelaah menjadi Keputusan Menteri Agama. “Kami sudah menyerahkan dokumen standar mutu yang meliputi 4 satuan pendidikan yakni Pendidikan Diniyah Formal, Muadalah Salafiyah, Muadalah Muallimin serta Ma’had Aly,” ungkap Nafies.

Disamping itu, Majelis Masyayikh terus berupaya melakukan akselerasi lahirnya regulasi sistem penjaminan mutu Pendidikan Pesantren dan mendorong Ditjen Pendis  untuk segera memprakarsai penyusunan Peraturan Menteri Agama sebagaimana mandat Pasal 36 UU Pesantren   terkait pendidik dan tenaga kependidikan di Pendidikan Pesantren. “Majelis Masyayikh dibangun dengan independensi dari pesantren, oleh Pesantren dan untuk Pesantren. Soal penjaminan mutu ini, kami berusaha bekerja dengan cepat namun tetap berhati-hati,” tutup Nafies.

ARTIKEL TERKAIT